Sudah dapat kita ketahui bersama bahwa Universitas Airlangga Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang berada di wilayah Jawa Timur. Nama kampus Airlangga sudah terkenal di kalangan masyarakat seluruh Indonesia bahkan di ranah Internasional karena prestasi mahasiswa dan alumninya yang sangat banyak dan membanggakan. Dapat dilihat juga dari masa ke masa Universitas Airlangga ini semakin berkembang pesat baik dari segi pembangunan infrastruktur maupun dari segi akademisnya.

Saat diresmikan, kampus ini terdiri dari lima fakultas, yaitu Fakultas KedokteranFakultas Kedokteran Gigi yang pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Indonesia, Fakultas Hukum yang pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Gadjah Mada, Fakultas Sastra yang kini menjadi bagian dari Universitas Udayana, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang kini telah memisahkan diri dan menjadi Universitas Negeri Malang (dulunya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang).
Seiring berjalannya waktu sejak kampus ini didirikan, sudah banyak sekali perkembangan yang terjadi didalamnya sehingga banyak sekali melahirkan fakultas-fakultas baru yang diantaranya, yaitu Fakultas Ekonomi dan BisnisFakultas FarmasiFakultas Kedokteran HewanFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikFakultas Sains dan TeknologiFakultas PascasarjanaFakultas PsikologiFakultas Kesehatan MasyarakatFakultas Ilmu BudayaFakultas KeperawatanFakultas Perikanan dan Kelautan hingga Fakultas Vokasi.

Dalam perkembangannya untuk menjadi kampus yang terbaik, kampus yang mendapat julukan kampus di timur jawa dwipa ini terus berinovasi untuk memperbaiki citranya di mata masyarakat. Universitas Airlangga saat ini sudah mencoba untuk mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah mereka sudah mengembangkan sarana dan prasarana atau fasilias kampus mereka yang modern dan terbilang cukup lengkap. Tidak hanya fasilitas, kualitas SDM seluruh civitas akademika yang berada didalamnya juga terus melakukan pengembangan diri, dengan berusaha untuk lebih produktif dan peduli terhadap lingkup keilmuan mereka masing-masing yang nantinya dapat membantu citra baik Universitas Airlangga sendiri yaitu misalnya dengan banyaknya hasil produksi tulisan artikel-artikel maupun jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Airlangga Surabaya ini. Dan diharapkan jurnal-jurnal yang dihasilkan oleh UNAIR ini sendiri mampu menguasai situs-situs jurnal nasional maupun internasional.

baliho-6x4
Saat ini, Universitas Airlangga juga sedang berproses untuk mewujudkan mimpinya sebagai World Class University pada tahun 2020 agar lebih diakui oleh masyarakat diseluruh nasional maupun internasional. Maka dari itu univesitas ini mengharapkan agar seluruh civitas akademika UNAIR dapat berkntribusi untuk membantu mewujudkannya dengan selalu memperbaiki dan mengembangkan sektornya masing-masing demi kemajuan bersama.


Sudah banyak program-program yang digagas dan dicanangkan oleh Universitas Airlangga ini sendiri demi terwujudnya UNAIR yang memiliki julukan sebagai World Class University tersebut. semoga dalam beberapa tahun kedepan mimpi tersebut dapat terealisasikan dan dapat membua citra UNAIR semakin lebih baik lagi di masyarakat.