Dalam berproses menuju Universitas yang memiliki julukan “World Class University” pastinya UniversitasAirlangga diharuskan untuk selalu memperbaiki seluruh elemen-elemen yang ada di dalamnya. Sebagai salah satu contoh yang dapat disebut sebagai elemen vital yang harus diperhatikan adalah mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki UNAIR itu sendiri.

Saat ini, sarana dan prasarana yang ada di Universitas Airlangga ini menurut saya sudah cukup baik dan sudah selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman menyesuaikan era globalisasi yang saat ini berlangsung. UNAIR sudah menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana secara lengkap yang dapat mendukung seluruh kegiatan pembelajaran mahasiswanya.

Sebagai seorang mahasiswa UNAIR saya merasa banga. Karena saya sudah mendapatkan kesempatan untu berkuliah di salah satu universitras ternama yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap seperti ini. Bagaimana tidak, disini semuanya sudah tersedia.

Banyak sekali fasilitas yang dapat kita manfaatkan sebagai mahasiswa, mulai dari sektor akomodasi, transportasi, dan lain sebagainya sudah disediakan secara lengkap oleh UNAIR ini sendiri. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut adalah sebagai berikut

Rumah Sakit di Universitas Airlangga

Image result for fasilitas kampus unair

Dalam mendukung program pembelajaran mahasiswa yang berada pada Fakultas Kedokteran, maka Universitas Airlangga membangun dan memiliki 3 rumah sakit sealigus. Rumah sakit tersebut yaitu diantaranya Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) untuk memfasilitasi para mahasiswa FK, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) untuk memfasilitasi para mahasiswa FKG, serta Rumah Sakit Hewan untuk memfasilitasi para mahasiswa FKH. Ketiga rumah sakit ini tersebar berada di kedua kampus UNAIR yaitu Kampus A (untuk RSGM) dan Kampus C (untuk RSUA dan Rumah Sakit Hewan

Perpustakaan Universitas Airlangga
Image result for perpustakaan unair
Universitas Airlangga memiliki fasilitas perpustakaan yang tersedia di setiap kampusnya. Koleksi dari ketiga perpustakaan tersebut sudah disesuaikan dengan rumpun ilmu yang berada di kampusnya masing-masing. Bagi mahasiswa yang membutuhkan referensi buku terkait Ilmu Kedokteran, maka koleksi tersebut ada di perpustakaan kampus A. Perpustakaan disana juga menyediakan koleksi buku dan jurnal untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran da Fakultas Kedokteran Gigi.

Berbeda dengan perpustakaan kampus A, perpustakaan yang berada di kampus B menyediakan sumber referensi bagi mahasiswa dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Budaya, serta Program Sarjana.

Dan untuk mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Sains dan Teknologi dapat mengunjungi dan menjelajah perpustakaan yang ada di kampus C untuk  mencari referensi yang terkait dengan keilmuan mereka.

Di Perpustakaan UNAIR sendiri selain koleksinya yang lengkap, disana didukung juga oleh fasilitas yang lengkap dan juga nyaman. Seperti adanya ruangan khusus untuk diskusi hingga ruang khusus pribadi yang dibekali dengan full AC dan free wifi.

Sarana Transportasi
Mengingat kampus UNAIR yang terpisah-pisah dan berada tersebar menjadi 3 kampus di Surabaya, maka pihak pengelola UNAIR juga tak melupakan fasilitas yang dapat membantu memudahkan akses transportasi bagi seluruh civitas akademika yang ada didalamnya.  Disini mereka sudah menyediakan transportasi berupa Bus yang dapat digunakan untuk akses transportasi menuju Kampus A, B, dan C. Bus ini sering dikenal dan dinamai sebagai bus FLASH (Fast Local Area Shuttle). Bus yang menghubungkan antara kampus A, B, dan C ini dioperasikan untuk para civitas akademika tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Fasilitas Olahraga Kampus UNAIR
Kampus Universitas Airlangga juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi mahasiswanya untuk mendukung kegiatan seputar olahraga. Biasanya fasilitas tersebut digunakan oleh mahasiswa yang mengikuti UKM (UnitKegiatan Mahasiswa) untuk menjalankan kegiata mereka. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya, lapangan tenis yang berada di kampus A dan B, lapangan basket yang berada di samping Gedung Airlangga University Press kampus C, lapangan bulutangkis yang berada di depan halaman Gedung Student Center (SC) kampus C, dan GOR yang berada di depan Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR.

Asrama Mahasiswa
Asrama PutraAsrama putri
UNAIR juga memberikan fasilitas berupa asrama bagi para mahasiswanya. Asrama UNAIR ini terdiri atas Asrama Putra dan Asrama Putri yang berlokasi di wilayah kampus C UNAIR.

Student Center Unair
Student Center
Student center merupakan suatu gedung yang sudah disediakan oleh UNAIR sebagai fasilitas untuk mendukung berbagai aktivitas mahasiswa khususnya kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang mengakomodasi minat dan bakat para mahasiswa UNAIR baik di bidang akademik maupun non-akademik. 

Fasilitas “Gedung Serba Guna”
Universitas Airlangga memiliki fasilitas gedung serba guna yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan kegiatan apapun yang diadakan di UNAIR. Gedung serba guna yang dimiliki UNAIR ini memiliki nama “Airlangga Convention Center” keberadaan gedung ini tidak hanya untuk mengakomodasi kegiatan seluruh civitas akademika UNAIR saja. Gedung serbaguna ini juga dapat disewa untuk menyelenggarakan berbagai acara, seperti seminar, dan lain sebagainya.

Poliklinik UNAIR
Meskipun di Universitas Airlangga sudah memiiki 3 rumah sakit, tetapi UNAIR juga dilengkapi dengan poliklinik yang berlokasi di kampus A, kampus B dan kampus C. Poliklinik ini lebih dikenal dengan PLK (Pusat Layanan Kesehatan) dimana jika para mahasiswa ingin berobat kesana maka cukup dengan membawa bukti sebuah KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) maka mereka dapat berobat secara gratis tanpa dipungut biaya.


Berbicara mengenai sarana dan prasarana yang ada di UNAIR, saya sebagai mahasiswa sekaligus penikmat fasilitas yanga da ini merasa cukup puas. Karena hampir semua fasilitas yang disediakan oleh UNAIR sudah terkelola dengan cukup baik.