Sering saya mendengar kalimat “berorganisai itu penting, karena kuliah bukan hanya untuk ajang mencari ilmu”. Itulah memang hal yang sangat perlu kita ketahui. Itu juga yang saya rasakan sejak saya pertama kali menginjakkan kaki di Universitas Airlangga Surabaya ini. Banyak sekali perbedaan yang saya alami ketika saya masih berada di masa SMA hingga saya sudah berada di bangku kuliah saat ini.

Ketika sudah memiliki label sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut untuk meninggalkan pemikiran atau paradigma yang kita gunakan saat kita masih berada di bangku SMA dahulu. Mungkin ketika SMA selama ini kita hanya berpikir bahwa tujuan bersekolah adalah untuk mencari ilmu. Dan itu semua sebenarnya adalah tidak benar.




Di lingkungan perkuliahan, kita akan menjamah pergaulan yang lebih luas yang nantinya dalam seiring berjalannya waktu akan mengubah arah pemikiran kita dengan sendirinya. Kita akan dipertemukan dengan banyak wadah yang siap menyalurkan minat dan bakat kita baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Banyak pula organisasi-organisasi dalam maupun luar kampus yang siap menampung kita sebagai  wadah untuk mencari pengalaman dan pengkaderan diri.

Mungkin memang menjadi aktif di kampus diluar bidang akademik mencari ilmu (aktif di organisasi) itu adalah pilihan masing-masing. Tetapi sebagai seorang mahasiswa, akan sia-sia jika tidak memanfaatkan kesempatannya secara baik ketika ia berada di lingkungan kampus yang penuh dinamika ini.

Seperti halnya saya sendiri, menurut saya berkuliah untuk mencari ilmu itu amatlah penting dan yang utama. Tetapi saat ini saya berusaha dan belajar untuk senantiasa aktif dalam berbagai macam kegiatan organisasi diluar kegiatan saya mencari ilmu yang biasa saya lakukan ketika di kelas perkuliahan. Menurut saya, jika hanya duduk aktif dikelas saja atau istilahnya lebih dikenal dengan mahasiswa ‘kupu-kupu’ kuliah pulang-kuliah pulang maka kita tidak akan bisa berkembang. Kita akan stagnan pada keadaan kita sendiri sejak awal dan kita tidak akan mengetahui bagaimana dinamika yang ada di kampus yang dapat kita temui ketika kita berada diluar pembelajaran di kelas. Kita perlu mengexplore diri agar kita dapat lebih memiliki bekal dan mempersiapkan diri ketika kita kelak memasuki dunia pekerjaan.


Sejauh ini, banyak manfaat yang sudah saya dapatkan sejak saya menjadi aktif dalam kegiatan organisasi di kampus. Diantaranya yaitu, saya lebih banyak memiliki relasi pertemanan yang mungkin nantinya akan bermanfaat jika kita saling membutuhkan di waktu yang akan datang. Selain itu, saya lebih banyak belajar dan mendapatkan pengalaman dari orang lain sesama teman maupun kakak tingkat dalam organisasi yang dapat saya jadikan bekal ilmu untuk menyongsong masa depan di dunia pekerjaan kelak. Selain itu, masih banyak hal-hal bermanfaat yang saya dapatkan ketika aktif dalam organisasi dan tidak hanya sebatas menjadi mahasiswa ‘kupu-kupu’ saja.

Dalam berkuliah di Universitas Airlangga ini saya akan berusaha untuk tetap mampu menyeimbangkan antara urusan berkuliah sebagai yang utama dengan selalu tetap berkarya dalam kegiatan organisasi yang saya ikuti dengan baik agar saya dapat membuktikan bahwa “kuliah bukan hanya ajang untuk mencari ilmu”