Image result for oufo fisip


Menjadi mahasiswa baru tentunya selalu terngiang rasa bangga dalam benak kita. Bagaimana tidak, kita sudah beralih jenjang menjadi berstatus mahasiswa yang sudah tidak lagi terikat dengan adanya segala peraturan di sekolah seperti yang kita rasakan saat kita masih menjadi seorang siswa di SMA.  Karena dengan status menjadi mahasiswa kita sudah dianggap sebagai seseorang yang dewasa yang sudah dianggap dapat mengatur kehidupannya sendiri. Tidak hanya itu, masih banyak kenikmatan lain yang tentunya kita dapat rasakan ketika kita sudah berstatus mahasiswa.

Seperti pengalaman yang saya rasakan sendiri, saya masih ingat bagaimana euforia ketika saya tahun lalu dinyatakan lolos menjadi salah satu mahasiswa baru di Universitas Airlangga ini. Saya sendiri sangat senang dan begitupun juga orang tua serta keluarga saya.  Apalagi sudah banyak diketahui jika UNAIR merupakan salah satu universitas terbaik yang sudah terkenal dan ternama di kalangan masyarakat.

Saat itu, saya dinyatakan lolos menjadi mahasiswa baru di prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAIR. Saya juga merasa senang dan bangga karena prodi tersebut juga memang pilihan pertama saya ketika ujian masuk perguruan tinggi melalui SBMPTN. Selain itu, saya juga masih tidak percaya jika saya waktu itu sudah benar-benar berganti status yang awalnya saya terbiasa menggeluti mata pelajaran di bidang eksak, dan sejak saat itu saya sudah membuang kebiasaan itu dan sepenuhnya beralih untuk diwajibkan mempelajari mata pelajaran seputar di bidang ilmu sosial karena saya sudah diterima menjadi mahasiswa FISP UNAIR.

Image result for fisip unair

Memasuki masa awal perkuliahan saat itu, saya sedikit merasa kaget dan kurang percaya diri menjadi mahasiswa FISIP. Karena saya sadar saya kurang sekali memiliki bekal keilmuan bidang sosial dibanding dengan mahasiswa-mahasiswa FISIP lainnya yang notabene kebanyakan dari mereka adalah dulu siswa yang menggeluti ilmu sosial di sekolahnya. Mungkin sudah sering kita dengar bahwa FISIP itu memiliki karakter kritis, demokratis, pluralis dan inovatif yang mencerminkan dan mengharuskan mahasiswanya juga memiliki keempat karakter tersebut.

Image result for oufo fisip

Awal menjadi mahasiswa baru FISP UNAIR, semua mahassiswa termasuk saya sudah diberikan gambaran dan diperkenalkan tentang bagaimana lingkungan kita ketika berkuliah dan berproses di kampus yang memiliki julukan kampus oranye tersebut melalui sebuah rangkaian kegiatan orientasi yang bernama UFO (United Fisip Orientation). Pada kegiatan orientasi ini, sudah sedikit mencerminkan bahwa kebanyakan mahasiswa yang diterima sebagai mahasiswa baru FISIP memang sudah memiliki keempat karakter yang seperti diatas tadi dalam dirinya. Mereka sudah kritis, demokratis, pluralis, dan invovatif dalam menghadapi suatu permasalahan hingga tahap penyelesaian masalah itu sendiri.


Yang saya rasakan saat itu adalah saya semakin tidak percaya diri karena melihat teman-teman mahasiswa lain yang memiliki karakter tersebut. Karena memang dari awal saya adalah bukan tipe siswa yang seperti itu. Sempat saya berfikiran bahwa saya tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada disana karena saya merasa kurang cocok menjadi mahasiswa FISIP ini sendiri. Tetapi ternyata, seiring berjalannya waktu saya semakin menikmati status saya sebagai mahasiswa FISIP UNAIR seperti sekarang. Karena dengan terus berjalannya waktu saya dituntut untuk selalu belajar dan menyesuaikan diri untuk ikut menanamkan keempat karakter seorang mahasiswa FISIP pada diri saya. Memang kesan awalnya sangat aneh bagi saya, namun hingga sekarang saya semakin bangga karena sudah menjadi bagian dari mahasiswa FISIP UNAIR.